Strength coating testing merupakan pengujian kekuatan lapisan yang dapat dibagi menjadi 3 bagian :

  • Pengujian kekuatan bengkokan
  • Pengujian kekuatan dampak
  • Pengujian kekuatan pada tarikan

Bending Strength / Kekuatan Bengkokan

Bending strength merupakan salah satu metode yang paling mudah digunakan dalam coating testing, alat ini juga dapat memberikan banyak informasi mengenai hal yang berkaitan dengan kualitas pada pengecatan. Bending coating testing sudah di desain untuk mempermudah penggunaan di dalam metode yang satu ini.

Dengan cara membuat plat berbentuk seperti bulat dan kemudian dilapisi pada sekitar batang dengan diameter yang berbeda beda, anda juga dapat mengetahui kualitas pada daerah sekitar batang, dan juga pengujian tersebut sama sekali tidak merusak lapisan yang terdapat pada plat.  Batang tersebut memiliki diameter dari 1 hingga 20 mm, jika semakin baik elastisitas dari suatu lapisan tersebut, maka akan semakin kecil pula batang yang dibutuhkan pada pengujian tersebut.

 

>>>>>BACA JUGA RAHASIA COATING TESTING DALAM PENGUJIAN<<<<<

Impact Strength / Kekuatan Dampak

Impact strength diuji dengan cara menjatuhkan sebuah impactor yang memiliki berat tertentu dari posisi tertinggi pada saat lapisan bertahan atau tidak dapat dirusak oleh impactor. Setelah itu akan dilakukan pengukuran pada kondisi masing masing dari pelapisan, penilaian yang dilakukan secara visual. Dan apabila tidak didapati adanya kerusakan pada lapisan, maka proses penurunan akan diulangi dengan posisi yang lebih tinggi hingga didapati adanya kerusakan.

Impact tester di desain untuk melakukan pengujian ini, pada perangkat ini terdiri dari sebuah frame, sinker, landasan dan juga tabung pemandu dengan sebuah impactor yang dapat dijatuhkan dengan bebas. Juga terdapat beberapa versi parangkat dengan jenis seperti berat, ukuran dan bentuk yang berbeda dari impactor, landasan, sinker dan landasan yang akan mengacu pada standar yang berbeda.

Tensile Strength / Kekuatan Tarikan

Metode yang satu ini berdasarkan pada pengukuran kedalaman ekstrusi plat logam yang sudah dilapisi tepat pada titik retak lapisan, hal tersebut merupakan indensitas dari pukulan bola menuju plat. Erichsen Cupping  Tester merupakan perangkat yang presisi yang mana alat ini dapat membantu mengetahui elastisitas lapisan dari cat.

Dengan mengetahui elastisitas dari suatu lapisan, maka pengguna dapat membuat keputusan pada kemampuan cat pelapis yang digunakan, apakah berubah tanpa adanya retakan atau mengelupas setelah dilakukan pengeringan

 

 

 

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring system, kami Jual Coating Testing dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan harga yang bersahabat. Ayo tunggu apalagi pesan sekarang juga dengan menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Sumber : Novotest

3 thoughts on “Apa Saja Bagian Pengujian Pada Coating Testing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *