Testingindonesia.co.id – Bagi para penguji khususnya yang menguji kualitas material pasti sudah tidak asing dengan mesin uji universal, universal testing machine atau UTM. Dengan fungsinya sebagai alat uji kualitas untuk berbagai material produksi, alat ini memiliki beberapa metode pengujian yang berbeda-beda sesuai dengan material yang diuji.

Karena Universal Testing Machine memiliki metode pengujian yang berbeda ini, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa aspek pada mesin UTM agar mesin yang Anda beli sesuai dengan jenis pengujian yang dibutuhkan. Sebab, jika Anda keliru memilih satu komponen pada UTM, bisa mengakibatkan pengeluaran yang tidak di perlu. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin UTM? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Kenali Jenis UTM yang Anda Butuhkan untuk Pengujian

 

Dalam memilih Universal Testing Machine (UTM), penting untuk mengenali jenis UTM seperti Single Column dan Double Column. Mesin dengan double column atau kolom ganda memiliki Kapasitas Beban Maksimum yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan kolom tunggal. Oleh karena itu, pastikan kembali material yang akan Anda uji sudah sesuai dengan jenis UTM yang dibutuhkan.

mesin uji universal Single Column dan Double Column

2. Pilih Grip Yang Sesuai Dengan Metode Pengujian Yang Anda Inginkan.

Sebuah Universal Testing Machine dapat melakukan banyak metode pengujian seperti uji tarik, tekan, lentur, rekah, dan uji siklik dengan jenis grip yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah grip dengan hati-hati yang sesuai dengan jenis pengujian yang akan Anda lakukan pada mesin UTM agar bisa lebih efisien dalam biaya. Simak beberapa jenis grip dibawah ini!

GRIP mesin uji universal Single Column dan Double Column

3. Pilih mesin uji yang dapat menguji material sesuai standar pengujian

Sesuaikan mesin UTM dengan standar pengujian yang berlaku untuk material yang akan diuji. Pastikan mesin tersebut dapat memenuhi persyaratan standar internasional atau industri yang relevan seperti ISO, ASTM, BS, DIN, EN, dan AFNOR

STANDAR mesin uji universal Single Column dan Double Column

4. Lihat fitur apa saja yang terdapat di Mesin UTM

Periksa berbagai fitur yang dimiliki oleh Mesin Universal Testing Machine. Beberapa fitur yang mungkin penting termasuk kontrol kecepatan pengujian, kemampuan pengukuran otomatis, dan kemampuan merekam data secara akurat.

FUNGSI mesin uji universal Single Column dan Double Column

5. Periksa apakah vendor memiliki layanan purna jual

Pastikan vendor mesin UTM yang dipilih menyediakan layanan purna jual yang memadai. Ini melibatkan dukungan teknis, perawatan, dan perbaikan mesin. Layanan purna jual yang baik dapat memastikan kelangsungan operasional mesin dan pemeliharaan kualitas hasil pengujian.

pemasangan mesin uji universal Single Column dan Double Column

6. Tanyakan terkait GRIP & Aksesoris tambahan lainnya

Periksa ketersediaan dan kemampuan grip (pegangan) yang sesuai dengan jenis material yang akan diuji. Selain itu, tanyakan mengenai aksesori tambahan yang mungkin diperlukan untuk pengujian tertentu, seperti sensor deformasi atau perangkat lunak analisis data khusus.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat memastikan bahwa mesin uji universal yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pengujian material Anda. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa investasi yang Anda lakukan akan menjadi tepat sesuai dengan kebutuhan pengujian material Anda.

>>LINK PRODUK UNIVERSAL TESTING MACHINE<<

Testing Indonesia – Sebagai distributor alat uji dan mesin uji dapat membantu anda dalam memberikan solusi alat Universal Testing Machine dengan spesifikasi dan fitur terkini Untuk informasi lebih lanjut atau pembelian pada alat, anda bisa menghubungi kami melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *