Engine kapal merupakan salah satu bagian terpenting yang ada di kapal, dengan fungsinya sebagai penggerak laju kapal, engine kapal memerlukan pemantauan yang tepat dan ketat setiap kali akan dan sedang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya berbagai kerugian seperti kerusakan pada mesin ketika sedang berlayar di tengah laut yang jauh dari daratan sehingga mempersulit perbaikan engine kapal, penggunaan bahan bakar yang tidak optimal dan polusi udara akibat pemakaian bahan bakar kapal yang berlebih.

Untuk menghindari kerugian tersebut, uji performa engine kapal menjadi salah satu solusi terbaik dalam mengatasi masalah pada engine kapal dengan mengevaluasi dan meningkatkan kinerja engine pada kapal pada pemantauan daya poros. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai uji performa engine kapal menggunakan Wireless Torque Sensor untuk mengukur daya poros.

Apa Itu Daya Poros?

Daya poros merupakan sebuah daya mekanis yang dihasilkan dari putaran/rotasi dari propeller shaft kapal yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara baling – baling dengan engine kapal. Karena daya poros dihasilkan dari salah satu bagian kapal yang terhubung langsung dengan engine utama kapal, ini membuat bagian propeller shaft kapal menjadi tempat yang sangat cocok untuk dilakukan uji performa engine kapal. 

Wireless Torque Sensor Solusi Alat Uji Performa Engine Kapal

Pengujian propeller shaft kapal ini dilakukan dengan menggunakan sensor pengukur digital Wireless Torque Sensor yang berfungsi untuk mengukur daya poros dengan akurasi tinggi yang dihasilkan suatu poros mesin atau peralatan dengan tiga nilai parameter seperti KW (Kilowatt), RPM (Rotasi Per Menit), dan NM (Newton Meter). 

Dengan mengukur ketiga parameter tersebut, kita dapat memastikan keandalan dan efisiensi pada engine kapal, serta mengoptimalkan penggunaan bahan bakar yang tujuan untuk menghemat biaya perjalanan dan memastikan emisi gas buang tetap dalam batas yang telah diizinkan. 

2 Tipe Wireless Torque Sensor

Wireless Torque Sensor dilengkapi 2 format kit seperti kit standar yang menyediakan data uji coba jangka panjang  selama 30-60 hari dan kit kompak yang cocok untuk pengujian cepat dalam kurung waktu kurang dari satu jam. Kedua kit ini dirancang agar mudah dipasang pada area yang minim. 

Aplikasi Wireless Torque Sensor

Aplikasi Wireless Torque Sensor dapat Anda lihat pada vidio dibawah ini!.

>>LINK PRODUK WIRELESS TORQUE SENSOR<<

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang sistem dan monitoring system, kami menjual Wireless Torque Sensor dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut atau pembelian pada alat, anda bisa menghubungi kami melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *