inclinometer

Di pembahasan pada artikel ini, kita akan membahas mengenai sistem yang terdapat pada alat inclinometer, serta kita juga akan membahas mengenai cara kerja sistem yang terdapat pada alat inclinometer ini. Serta kita juga akan membahas mengenai kabel gulungan yang terdapat pada alat, muali dari probe, output hingga prolin inclinometer.

Digital inclinometer akan menggunakan sebuah ponsel android maupun OS yang memiliki sambungan antaramuka Bluetooth sebagai perangkat dalam proses pembacaan. Adapun beberapa ponsel android keluaran terbaru sekarang yang memiliki layar lebar serta dengan tampilan warna yang lebih terang, dan juga dengan layar sentuh yang responsive yang mana hal tersebut dapat membantu dalam memudahkan pembacaan pada saat alat masuk ke dalam lubang bor.

Unit pembacaan ini dapat menyimpan bacaan lebih dari 1000 lubang bor, dan juga meskipun daya pada alat dimatikan data akan tetap ada pada alat. Data yang berhasil dicatat juga dapat diunggah menuju ke server FTP pada jarak yang jauh dengan menggunakan jaringan seluler GPRS, 3G ataupun LTE. Dan juga dapat dengan mudah diimpor menuju ke perangkat lunak pada pihak ke 3 seperti program spreadsheet atau Microsoft Exel. Dan karena unit pembacaan pada alat ini adalah ponsel, pada penggunanya juga terbiasa dengan proses pada pengoperasiannya.

Inclinometer

Sistem pada Digital Inclinometer akan memberikan data kuantitatif yang signifikan tentang besarnya kecenderungan dan variasinya dengan waktu. Ini memberikan informasi lengkap tentang pola deformasi dan efektivitas langkah-langkah pengendalian konstruksi.

Sistem inclinometer dapat membantu dalam memantau perilaku setelah konstruksi dan menunjukkan kondisi berbahaya yang berpotensi mempengaruhi stabilitas struktur, fondasinya, dan area sekitarnya.

Ini juga menyediakan data penting untuk perbaikan desain untuk mempromosikan desain dan konstruksi yang lebih aman dan ekonomis. Probe inclinometer beroperasi dalam selubung berlekuk plastik yang dapat “dibangun” dengan timbunan timbunan, dimasukkan ke dalam lubang bor atau dipasang secara eksternal pada struktur atau lereng bukit.

Casing inclinometer dapat dipasang dengan kopling teleskopik saat konstruksi berlangsung, ini dapat memberikan peluang untuk melakukan pengukuran penurunan. Ini dapat dipasang dengan sambungan butt pada lubang bor, penopang atau tanggul yang telah selesai jika tidak ada penyelesaian yang signifikan.

Bagaimanakah Cara Kerja Pada Digital Inclinometer?

Probe inclinometer menggunakan accelerometer untuk mengukur sudut kemiringan dari garis vertikal atau bidang horizontal yang sebenarnya sehubungan dengan permukaan bumi. Accelerometer itu sendiri mengukur perubahan akselerasi karena gravitasi yang dirasakannya saat berputar pada sumbu horizontal.

Akselerometer mengalami akselerasi maksimum ketika sumbu sensitifnya benar-benar vertikal dan akselerasi minimum ketika sumbu sensitifnya benar-benar horizontal.

Dalam probe inclinometer vertikal, accelerometer internal dipasang sedemikian rupa sehingga ketika probe inclinometer benar-benar vertikal, sumbu sensitif accelerometer disejajarkan secara vertikal.

Dalam probe inclinometer horizontal, sumbu sensitif akselerometer disejajarkan secara vertikal ketika probe disejajarkan sepanjang bidang horizontal yang sebenarnya. Ketika accelerometer berputar pada sumbu horizontal sepanjang bidang vertikal, outputnya berubah secara proporsional ke sinus sudut yang dihasilkan oleh sumbu sensitifnya dari vertikal sejati.

Jadi umumnya alat ini sebanding dengan sinus sudut kemiringan (atau kemiringan) daripada sudut kemiringan probe inklinometer itu sendiri. Namun, variasi hukum sinus dari keluaran probe inclinometer ini lebih berguna bagi kami karena perhitungan selanjutnya untuk menentukan profil pentanahan menggunakan sinus sudut kemiringan daripada sudut kemiringan itu sendiri.

Probe inclinometer vertikal uniaksial dapat mengukur kemiringan sepanjang bidang vertikal yang melewati sumbu probe. Probe inklinometer biaksial dapat mengukur kemiringan secara independen di sepanjang dua bidang vertikal yang ortogonal satu sama lain, dengan garis persimpangan mereka bertepatan dengan sumbu probe inklinometer.

Probe inclinometer horizontal biasanya digunakan untuk mengukur kemiringan sepanjang bidang vertikal yang melewati sumbu inclinometer. Accelerometer kedua sering disediakan untuk mengukur kemiringan sepanjang bidang tegak lurus terhadap poros probe inclinometer horizontal sehingga setiap rotasi probe horizontal selama lintasan dapat dideteksi dan koreksi untuk penerapan ini.

Kabel dan Gulungan Pada Digital Inclinometer

inclinometer

Unit Pembacaan pada alat akan digunakan dengan gulungan kabel. Gulungan antarmuka dengan probe digital pada digital inclinometer uniaksial atau biaksial melalui kabel panjang. Gulungan kabel memiliki unit antarmuka Bluetooth di dalam gulungan dan kabel panjang, hal tersebut bertujuan agar alat dapat berinteraksi dengan probe digital pada alat.

Ini ditenagai dengan baterai isi ulang ukuran 7.2 V kompak. Disediakan juga tombol ON dan OFF pada disk reel dekat tempat baterai. Gulungan kabel akan menggunakan dua kabel inti untuk berinteraksi dengan probe inclinometer digital.

Panjang kabel bervariasi tergantung pada opsi yang dipesan. Ferrules berkerut pada kabel pada interval yang ditentukan untuk menangguhkan probe di lubang bor. Gulungan kabel dilengkapi dengan panjang kabel yang dipesan yang ditandai pada jarak konstan dengan ferrules baik dalam satuan metrik atau imperial pengukuran.

Kabel dalam meter memiliki ferrule emas berkerut pada interval 0,5 meter sedangkan ferrules merah berkerut pada interval 1,0 meter. Ferrule putih dikerutkan setiap interval 5,0 meter dan ditandai dengan nilai kedalaman. Kabel dalam kaki mengalami ferrule emas berkerut pada interval 2,0 kaki sementara ferrules merah berkerut pada interval 4,0 kaki. Ferrule putih dikerutkan setiap interval 20 kaki dan ditandai dengan nilai kedalaman.

Digital Inclinometer Probe

inclinometer

Probe digital tilt sensing probe Model dimaksudkan untuk digunakan dengan gulungan kabel. Reel interface dengan probe digital inclinometer biaksial (sering disebut torpedo oleh produsen lain). Jenis probe ini dikenal sebagai probe keluaran digital yang keluarannya berupa serangkaian pulsa.

Probe inclinometer biasanya menggunakan accelerometer sebagai sensor kemiringan dasar. Selain itu, beberapa jenis pengkondisian sinyal juga dilakukan untuk meningkatkan tegangan sinyal dan kemudian melakukan konversi analog ke digital agar cocok untuk transmisi bebas noise melalui kabel yang panjang.

Gulungan kabel ini juga dirancang untuk digunakan dengan probe yang membutuhkan tegangan eksitasi +12 hingga +30 V. Kalibrasi probe tidak tergantung pada konfigurasi gulungan. Probe digital inclinometer akan menggunakan dua sensor MEMS yang dipasang secara orthogonal di dalam probe. Karena pengukuran kemiringan dalam dua arah ortogonal tersedia secara simultan, sehingga probe dikenal sebagai probe bi-aksial.

Probe digital memberikan output dalam bentuk digital (numerik). Nilai output adalah jarak antara dua roda dikalikan dengan sinus sudut kemiringan pada bidang itu. Jadi pada dasarnya, output dari probe adalah perpindahan horizontal dari pusat lengan roda atas dari sumbu yang melewati pusat perakitan lengan roda bawah di sepanjang bidang rotasi atau kemiringan.

Prolin inclinometer memiliki konsumsi arus yang signifikan, dan juga dapat menyebabkan penurunan tegangan eksitasi pada kabel penghubung. Gulungan kabel pada digital inclinometer juga dapat memasok tegangan eksitasi +29 V. Maksimal kabel yang dapat dihubungkan antara data logger dan probe inclinometer adalah tegangan yang tidak dapat menyebabkan eksitasi turun menjadi kurang dari +12 V pada terminal probe.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring dan system. Kami Jual Inclinometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi alat dan pembelian silahkan hubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *