Tangki truk pengangkut bensin atau cairan kimia berbahaya memerlukan pemeriksaan atau inspeksi rutin sesuai dengan standar keamanan. Pemeriksaan tangki truk ini harus didampingi oleh ahli untuk memastikan operasi dan pemeliharaan tangki truk supaya aman untuk membawa cairan kimia, dan bensin. Inspeksi tangki truk ini bertujuan untuk mendeteksi adanya indikasi keausan, kerusakan, atau korosi pada tangki.

ultrasonic thickness gauge, jual ultrasonic thickness gauge, holiday detector, inspeksi tangki truk

Standar pemeriksaan tangki truk menurut Departement of Transportation (DOT) yaitu:

  1. Inspeksi visual eksternal
  2. Inspeksi visual internal
  3. Pemeriksaan lapisan
  4. Uji kebocoran
  5. Uji tekanan
  6. Uji ketebalan

Jika tangki truk tidak memenuhi salah satu pengujian atau inspeksi di atas, diperlukan perbaikan dan inspeksi ulang pada tangki tersebut supaya dapat digunakan kembali.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengujian ketebalan pada tangki truk menggunakan Ultrasonic Thickness Gauge.

ultrasonic thickness gauge, jual ultrasonic thickness gauge, holiday detector, inspeksi tangki truk

Pengujian Ketebalan

Pengujian ketebalan harus dilakukan setiap dua tahun untuk tangki yang mengangkut bahan korosif, jika tangki tidak mengangkut bahan berbahaya biasanya akan diperiksa dalam jangka waktu satu tahun atau lebih, atau jika ada tanda-tanda kerusakan yang terlihat.

Selain itu, integritas lapisan untuk semua tangki truk harus diverifikasi setidaknya setahun sekali menggunakan holiday detector bertegangan tinggi. Setiap Bagian lapisan yang rusak harus diperbaiki, dan bagian bawah tangki truk juga diperiksa. Jika terdapat korosi, pengujian ketebalan harus dilakukan pada bagian tersebut.

>>>>>>>>>> BACA JUGA: Apa itu Holiday Detector? <<<<<<<<<<

Berikut minimum pengujian ketebalan pada tangki truk:

  • Bagian kepala tangki dan bagian shell di sekitar pipa yang menahan lading.
  • Bagian tangki bertekanan tinggi seperti bagian tengah bawah tangki.
  • Bagian dekat pembuka tangki.
  • Bagian di sekitar sambungan las.
  • Bagian di sekitar shell reinforcement.
  • Bagian di sekitar perlengkapan tangki.
  • Bagian di dekat coupler atas (roda kelima).
  • Bagian di dekat sistem suspensi dan struktur penghubung.
  • Bagian tipis yang diketahui di tangki dan garis level cairan.
  • Struktur penghubung yang menghubungkan beberapa tangki lain.

Pemeriksaan ini memerlukan penggunaan alat pengukur ketebalan yang digunakan sesuai dengan standar. Pengukur ketebalan yang digunakan untuk pengujian harus mampu mengukur baja, paduan baja, dan ketebalan dinding aluminium secara akurat hingga ±0,002” (±0,06 mm).

Ultrasonic Thickness Gauge adalah alat yang ideal untuk mengukur ketebalan baja, paduan baja, dan dinding tangki truk kargo aluminium. Alat ini dirancang untuk penggunaan sederhana dan tidak memerlukan pelatihan untuk digunakan.

Inspeksi tangki truk kargo sangat penting untuk memastikan keselamatan supir dan publik saat mengangkut bahan berbahaya. Keausan dan korosi dapat terjadi di mana saja pada tangki dan komponennya, sehingga inspeksi berkala harus dilakukan oleh ahli untuk mengidentifikasi dan memperbaiki potensi bahaya ini.

Jika Anda tertarik dengan alat ini, kami jual ultrasonic thickness gauge berkualitas dengan harga yang bersahabat. Hubungi kami di Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto), Email: sales@testingindonesia.com, atau chat online di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *