Saat ini banyak teknologi baru yang diciptakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, salah satunya adalah teknologi digitalisasi. Salah satu dari banyak industri yang menggunakan teknologi ini adalah industri konstruksi. Dalam bidang konstruksi, biaya merupakan salah satu persyaratan penting untuk menentukan keberhasilan proyek selama masa pengerjaannya. Maka tidak heran jika perusahaan konstruksi/kontraktor terus mencari cara untuk lebih efisien dalam proses pengerjaan.

Total Station adalah salah satu alat yang dapat memiliki peran penting, karena membuat proses kerja industri konstruksi menjadi lebih efisien karena alat ini dapat melakukan digitalisasi layout atau tata letak bangunan yang mana hal tersebut menghemat waktu dan biaya, menggantikan penggunaan meteran.

Tata letak bangunan biasanya dikerjakan berdasarkan desain bangunan yang sudah disiapkan. Desain atau drawing bangunan biasanya digunakan dalam kombinasi dengan meteran, level dan grid untuk mendeteksi titik lokasi untuk beberapa komponen, seperti penetrasi, pipa dan kabel tray.

Berikut peran total station dalam industri konstruksi:

Digitalisasi tata letak konstruksi bangunan

total station, robotic total station, jual total station, peran total station konstruksi

Untuk konstruksi bangunan besar seperti apartement, Gedung perkantoran, rumah sakit, dan bangunan lainnya yang memiliki desain bangunan yang rumit. Diperlukan digitalisasi layout dalam proses pengerjaannya.

Dengan adanya Robotic total station, Anda dapat membuat posisi struktur bangunan yang akurat hingga ke tulangan baja, tata letak beton, dan konstruksi level akhir. Proses pembangunan akan menjadi sulit jika melakukan tata letak desain bangunan yang rumit dengan metode lama.

Beralih ke alur kerja digital

total station, robotic total station, jual total station, peran total station konstruksi

Total station juga membuat industri konstruksi dapat beralih ke alur kerja digital yang mana lebih efisien saat di lokasi pembangunan. Konstruksi bangunan yang unik seperti apartemen mana setiap lantai berbeda – beda desainnya jadi lebih mudah karena total station dapat membantu menata bagian besi dan lengkungan beton buatan secara sederhana dan cepat.

Mengatasi tata letak yang rumit dengan efisien dan akurat

total station, robotic total station, jual total station, peran total station konstruksi

Anda dapat mengatur beberapa titik kontrol survey di konstruksi untuk tujuan orientasi instrumen di setiap lokasi di sekitar struktur bangunan yang melengkung. Dengan teknik ini berarti Anda tidak perlu menggunakan kisi untuk orientasi ketika menyelesaikan pengerjaan.

Dengan menerapkan alur kerja digital, Anda bisa memastikan pengaturan instrumen selesai dengan cepat dan akurat dan semua data rencana akan tersedia pada controller. Ini memastikan proses layout yang cepat dan akurat, serta tidak perlu khawatir mengenai beberapa variabel dan ketidakakuratan yang datang dengan menggunakan metode tradisional yang melibatkan stringlines, meteran, dan tingkat sambungan.

Perlu diketahui, kesalahan sekecil apapun dalam pembangunan akan menyebabkan konsekuensi yang berpotensi serius. Perubahan beberapa derajat pada sudut tertentu dapat menyebabkan sistem prefabrikasi tidak cocok ketika tiba saatnya untuk pemasangan total station. Demikian juga, tata letak yang salah dapat mengakibatkan bentrokan dengan komponen bangunan lainnya, sehingga mengganggu jadwal konstruksi, menghasilkan pekerjaan yang tidak perlu dan membuang – buang bahan bangunan, waktu dan biaya.

Di lokasi konstruksi apartement, biasanya jendela bangunan berisi lengkungan dan glazier bergantung pada keakuratan penempatan hobs untuk menempatkan jendela, hobs adalah premade dan dipasang pada form work. Hanya metode digital yang dapat memberikan akurasi yang dibutuhkan, tidak ada meteran atau garis tali yang terlihat di lokasi.

Mempercepat rencana yang dibuat

total station, robotic total station, jual total station, peran total station konstruksi

Salah satu tahap kunci dari proyek pembangunan yang memiliki keuntungan efisiensi luar biasa adalah rencana yang dibuat. Dengan Robotic Total Station, Anda dapat merekam data dan dapat dengan cepat mengunggahnya ke dalam CAD yang akan dibersihkan dan digunakan untuk menyiapkan rancangan yang dibuat.

Dengan menggunakan Robotic Total Station, Anda dapat menghemat satu orang pekerja per hari. Ini adalah penghematan waktu yang cukup besar yang pada akhirnya dapat mengurangi jumlah operasi yang diperlukan pada proyek dan mengurangi biaya tenaga kerja.

Memperluas keuntungan produktivitas

total station, robotic total station, jual total station, peran total station konstruksi

Dengan menerapkan digital workflow (alur kerja digital), produktivitas pada industri konstruksi meningkat serta menghemat biaya dan  waktu pengerjaan.

Itulah Peran Total Station dalam Industri Konstruksi yang bisa diterapkan nantinya pada proyek pembangunan di Indonesia. Jika Anda tertarik dengan Total Station, kami jual total station berkualitas yang dapat membantu pekerjaan proyek Anda. Hubungi kami di Nomor: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto), Email: sales@testingindonesia.com, atau chat online di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *