vibration sensor adalah

Testingindonesia.co.idVibration sensor adalah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk melakukan pelacakan pada kesehatan sebuah benda dengan menggunakan sistem getaran. Vibration sensor ini bisa digunakan untuk memberikan wawasan kepada para tim tentang bagaimana cara untuk melakukan pemeliharaan pada kondisi sebuah aset yang bisa menyebabkan kegagalan pada perangkat, dan juga dapat memungkinkan mereka untuk menghindari beberapa kebutuhan perbaikan yang memakan biaya yang besar.

APA ITU VIBRATION SENSOR?

Vibration sensor adalah perangkat yang dapat mengukur jumlah dan frekuensi getaran yang terdapat pada sebuah sistem, mesin dan beberapa perangkat tertentu. Pengukuran tersebut bisa digunakan untuk melakukan pendeteksian pada masalah lain yang terdapat pada sebuah aset dan melakukan prediksi pada kerusakan yang akan terjadi di masa mendatang.

Beberapa bisnis yang menggunakan peralatan yang berat dalam pengoperasian mereka biasanya mereka akan membutuhkan alat vibration sensor ini, adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan alat ini adalah:

– Memahami penyebab sebuah kerusakan

Ketika sebuah peralatan sudah menunjukkan tanda tanda kerusakan, alat sensor getaran ini dapat digunakan untuk melakukan analisis pada penyebab utama kerusakan pada aset tersebut (RCA) atau root cause analysis. Dengan melakukan pemantauan pada getaran pada aset, kita dapat melacak sumber kerusakan tersebut dan mencegahnya agar tidak lebih parah lagi.

– Memantau kebutuhkan pada perbaikan aset

Meskipun pemantauan pada sistem dapat dibantu dengan menggunakan RCA, saat terhubung menuju ke CMMS atau beberapa sistem yang serupa, anda tidak akan bisa melakukan pelacakan pada getaran secara real time. Pada saat anda melihat getaran yang sangat tinggi pada data hasil pengujian, anda akan tahu bahwa anda perlu untuk melakukan perbaikan pada sebuah aset tersebut.

– Menjaga kemanan keseluruhan pada peralatan

Untuk pemantuan kondisi pada sebuah peralatan atau aset ini akan sangat bergantung pada sensor, tentu saja termasuk sensor getaran. Dengan melakukan pemantuan pada data getaran dari aset, kita dapat melihat performa pada aset dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya, saat ini anda sedang melakukan penyesuaian pada sistem untuk memproses bahan baru, maka vibration sensor adalah solusinya, alat ini dapat membantu untuk melihat apakah bagian tertentu dapat ditangani tanpa harus mengalami sedikitpun kerusakan.

BACA JUGA : Apa itu Sensor Accelerometer?

BAGAIMANA CARA KERJA VIBRATION SENSOR

Vibration sensor atau sensor getaran ini akan dihubungkan pada aset atau kita sebut saja sebuah benda. Benda ini nantinya akan dilakukan pemantauan secara nirkabel. Setelah itu benda akan dilakukan pemantuan dengan berbagai macam metode pengujian, tergantung pada jenis sensor yang digunakan. Kita bisa mendapatkan dua jenis data dari hasil pengujian:

  • Frekuensi

Jenis data yang pertama adalah frekuensi, atau seberapa sering getaran terjadi pada sebuah benda. Dengan melakukan pelacakan pada saat terjadi lojakan getaran pada benda, kita dapat menemukan akar masalah utama pada benda tersebut.

  • Intensitas

Poin kedua yang bisa kita dapatkan adalah intensitas pada saat getaran tersebut terjadi. Semakin banyak getaran yang kita dapatkan pada sebuah benda, maka akan semakin tinggi pula pengukuran intensitasnya.

TIPS: kata “frekuensi” dapat digunakan dengan berbagai macam maksud, tergantung pada konteksnya. Untuk kata frekuensi disini kita artikan sebagai seberapa sering getaran terjadi pada sebuah benda. Dalam konteks lain, ini bisa merujuk kepada gelombang getaran itu sendiri.

Saat kedua jenis data tersebut dikumpulkan, CMMS anda akan memasukkannya kedalam riwayat aset, yang kemudian akan digunakan sebagai titik perbandingan. Pada saat terjadinya malfungsi, maka akan ditampilkan pada datam dan sistem akan langsung melakukan prediksi pada kegagalan dan kerusakan yang dapat terjadi di masa mendatang dengan melakukan perbandingan data saat ini dengan past trends atau tren masa lalu.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang sytem dan monitoring system, kami jual vibration sensor dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. untuk informasi lebih atau pembelian pada alat anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

 

One Thought on “Mengenal Lebih Vibration Sensor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *