Testingindonesia.co.id – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alat shake table atau alat simulator gempa. Penggunaan pada alat shake table ini dapat meningkatkan pemulihan terhadap bencana alam yang terjadi, terkhususnya gempa bumi, karena alat ini digunakan untuk memeriksa kualitas pada sebuah struktur pada bangunan dengan memberikan beberapa goyangan hingga struktur tersebut tidak dapat menahan goyangan tersebut.

Pada sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Maria Koliou, di A&M University di daerah Texas, penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan agar dapat mengetahui bagaimana sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dirusak oleh gempa bumi yang kuat. Tentu hal tersebut dapat memberikan wawasan baru tentang bagaimana cara membangun dan juga memperbaiki sebuah infrastruktur sehingga para penduduk dapat merasa nyaman dan kembali ke rumah mereka dengan perasaan yang tenang.

Proyek ini juga melibatkan serangkaian test dengan menggunakan shake table terbesar yang pernah diadakan didunia, proyek tersebut dinamakan dengan E-Defense yang diadakan di Jepang dalam kemitraan dengan para peneliti di Jepang yang dipimpin oleh Dr. Takuya Nagae yang berasal dari Universitas Nagoya, dia juga sudah melakukan studi pada infrastruktur yang ada di perkotaan bagaimana ketahan tiap bangunan pada dampak yang disebabkan oleh gempa bumi.

>>>>Baca Juga : MENGENAL APA ITU SHAKE TABLE<<<<

Sederhananya isolasi seismic ini dapat kita visualisasikan dengan cara meletakkan bangunan pada beberapa roda, hal tersebut akan menyebabkan gerakan bolak balik pada bangunan selama dilakukannya pengetesan, apalagi pada goncangan tanah horizontal, hal tersebut tidak akan membuat kerusakan yang signifikan.

Melakukan test ini dengan menggunakan soil box dapat memungkinkan para peneliti untuk melihat berbagai komponen yang terdapat pada bangunan, seperti sebuah pipa selama adanya getaran seperti gempa bumi. Pengujian seperti juga sangat penting dilakukan mengingat penduduk tidak akan dapat kembali ke rumah mereka masing masing setelah terjadinya bencana gemba bumi, karena jika rumah mereka mengalami kerusakan otomatis mereka juga akan kehilangan arus listrik, bahkan jika rumah mereka hanya terkena sedikit kerusakan pada rumah mereka.

Data data yang didapatkan pada saat melakukan pengetasan dengan menggunakan shake table ini dapat memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana beberapa jenis pada struktur ini dapat bekerja selama mereka menerima tekanan dari bencana gempa bumi, karena hal tersebut dapat berdampak pada mitigasi kerusakan serta juga dapat mengurangi kerentanan seismic.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual shake table dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi pada alat dan pengajuan pembelian, anda dapat menghubungi kami melalui

Nomor telepon : +62-813-992-919-09

Atau dengan melalui sales kami di email  : sales@testingindonesia.com

 

Source : newswise.com

1 thought on “Shake Table Guna Meningkatkan Pemulihan Terhadap Bencana Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *