ultrasonic pulse velocity test

Testingindonesia.co.id – Seperti yang kita ketahui Ultrasonic pulse velocity test merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran pada sebuah beton dengan menggunakan gelombang ultrasonic, alat ini digunakan dengan cara menempelkannya pada sebuah beton. Dengan begitu sinyal ultrasonic yang terdapat pada alat akan melakukan perambatan pada spesimen.

Pulse velocity atau kecepatan pada pulsa pada saat melakukan pengukuran pada sebuah spesimen juga bergantung pada kerapatan dan juga elastisitas dari spesimen tersebut. Jika semakin tinggi modulus elastisitas, kepadatan dan juga integritas yang tedapat pada spesimen, maka akan semakin tinggi pula kecepatan pada pulse ultrasonic. Meskipun kecepatan pada pulse berhubungan langsung dengan kekuatan dari spesimen tersebut, akan tetapi tidak aka nada korelasi statistic yang dapat dilakukan penerapan.

Kecepatan Pada Pulse Ultrasonic

Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonic pulse velocity test ini digunakan untuk menentukan integritas pada sebuah beton struktural dengan mengukur kecepatan dan atenuasi pada sebuah gelombang ultrasonic yang akan melalui beberapa jalur pengujian khusus pada spesimen yang dilakukan pengujian. Dengan menggunakan beberapa jalur pengujian dapat memungkinkan ukuran serta bentuk dasar dari area yang cacat dapat didefenisikan secara geometris.

Pengujian dengan menggunakan UPV idealnya membutuhkan akses 2 sisi pada spesimen struktural atau direct (pengujian secara langsung), ataupun pengujian pada beberapa sudut semi-direct (semi-langsung) serta pengujian dengan melintasi permukaan atau indirect (tidak langsung). Pengaplikasian pada metode semi direct umumnya akan digunakan pada dalam beberapa situasi dimana geometrsi kompeks struktur menghalangi pengujian secara langsung atau direct, serta pengaplikasian pada metode indirect digunakan untuk melakukan pengukuran pada kedalaman retakan pada sebuah permukaan.

Metode yang terdapat pada alat UPV juga dapat diterapkan pada beberapa elemen struktural, hal ini bertujuan untuk memberikan indikasi pada kualitas sebuah material dengan melakukan pengukuran pada kecepatan gelombang kompresi pada lokasi yang berbeda beda. Daerah dengan kecepatan yang relatif rendah biasanya akan memiliki kepadatan serta kekuatan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daerah yang dengan kecepatan yang tinggi.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Ultrasonic Pulse Velocity Test dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi pada alat dan pemesanan, anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

concrete testing A1410 PULSAR

1 thought on “Pengukuran Kecepatan Pada Alat Ultrasonic Pulse Velocity Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *