ultrasonic pulse velocity test

Testing IndonesiaUltrasonic Pulse Velocity Test – Kecepatan pada sebuah pulse dalam suatu material tentu bergantung pada kerapatan dan juga pada sifat elastisitasnya. Hal ini tentu juga berkaitan dengan kualitas dan juga kekuatan yang terdapat pada sebuah material. Oleh karena itulah untuk memperoleh sebuah informasi tentang beberapa sifat yang terdapat pada sebuah komponen dengan cara menggunakan alat investigasi ultrasonic.

Pengaplikasian Pada Alat

Ultrasonic pulse velocity test dapat digunakan dalam beberapa pengujian seperti:

  • Homogenitas suatu material
  • Adanya lubang, retakan atau ketidaksempurnaan atau cacat internal lainnya
  • Perubahan pada beton yang mungkin terjadi seiring waktu (mis. Karena hidrasi semen) atau kerusakan akibat kebakaran, embun beku atau serangan bahan kimia
  • Kekuatan atau modulus suatu material
  • Kualitas beton dalam kaitannya dengan persyaratan standar yang ditentukan

Material

Beberapa material yang seringkali digunakan untuk melakukan pengukuran adalah:

  • Beton
  • Keramik dan Refraktori
  • Kayu
  • dan banyak lagi

Metode Pada Pengetesan

Pengujian dengan menggunakan alat ultrasonic pulse velocity test, dalam metodenya yang paling mendasar dapat disebut dengan time of flight (waktu penerbangan). Hal ini mengacu kepada pengaturan waktu kedatangan pulse ultrasonic dari satu transduser menuju ke transduser lainnya dengan melalui sebuah media yang padat. Di dalam pengujian ini pulse ultrasonic adalah sebuah gelombang-p (p-wave) atau sebuah gelombang kompresi. Ultrasonic pulse velocity test atau UPV ini dihitung dengan melakukan pembagian pada jarak antara transduser dengan waktu kedatangan dari sinyal.

Akses di Dalam pengujian

Alat ini menawarkan beberapa metode pada transmisinya. Ini dapat dilihat pada gambar.1, metode transmisi pada alat akan ditentukan oleh beberapa akses menuju ke permukaan elemen beton serta pada karakteristik yang sedang dilakukan pengujian. Alat ini dapat difungsikan secara otomatis untuk melakukan pengukuran secara tidak langasung atau pengukuran pada gelombang permukaan. Serta alat ini juga dikalibrasi sesuai dengan EN 12504-4.

Fitur Pada Alat

Pengukuran kedalaman pada sebuah retakan

Alat ini memiliki beberapa fitur otomatis yang dapat memungkinkan si pengguna untuk melakukan pengukuran pada kedalaman retakan dengan menggunakan metode DBS yang akan ditentukan secara tegak lurus dengan permukaan yang terdapat pada sebuah beton.

Pengukuran kekuatan pada sebuah beton

Metode ini merupakan sebuah metode yang sering disebut sebagai metode Rebultra, yang mana metode ini dapat melakukan pengukuran kekuatan pada sebuah beton dengan menggunakan kombinasi pada nilai nilai pantulan beton yang dihasilkan dari alat UPV. Dengan menggunakan 2 faktor independent ini maka dapat memberikan akurasi yang lebih tinggi lagi, akan tetapi alat harus dilakukan kalibrasi dengan menggunakan bahan bahan local.

Testing Indonesia – kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual ultrasonic pulse velocity test dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi pada alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *