Testingindonesia.co.idUltrasonic Pulse Velocity test adalah sebuah pengujian non-destructive test (NDT) yang dapat melakukan pengujian pada sebuah beton dengan akurasi yang tinggi. Alat ini digunakan dengan cara menempelkan nya pada beton yang akan dilakukan pengukuran, lalu alat akan melakukan perambatan pada beton dengan memanfaatkan sinyal ultrasonic.

Prinsip utama yang paling mendasar dari alat ini terdiri dari metode pengukuran pada waktu perjalanan dari pulse ultrasonic dalam melewati beton yang sedang dilakukan pengujian. Semakin baik dan bagus kualitas dari beton dalam segi kepadatan, homogenitas dan dari segi lainnya, maka kecepatan yang dihasilkan juga akan relatif lebih tinggi.

KECEPATAN PULSE DI DALAM BETON DAPAT DIPENGARUHI OLEH BEBERAPA FAKTOR SEPERTI :

  • Panjang yang terdapat di dalam alur
  • Dimensi lateral pada spesimen yang dilakukan pengujian
  • Adanya baja tulangan
  • Kelembapan pada beton

Adanya pengaruh pada panjang lintasan dapat diabaikan asalkan panjangnya tidak kurang dari 100 mm ketika menggunakan ukuran pada agregat mencapai 20 mm atau kurang dari 150 mm dengan ukuran agregat 40 mm.

Kecepatan pada pulse tidak dapat dipengaruhi oleh bentuk dari spesimen tersebut, asalkan jika dimensi lateral yang paling kecil (yakni dimensi yang diukur dari sudut kanan menuju ke jalur pada pulse) tidak kurang dari panjang gelombang getaran pada pulse.

Untuk pulse dengan frekuensi 50Hz, sangat cocok dengan dimensi yang memiliki ukuran setidaknya 80 mm. untuk kecepatan pulse pada batang baja biasanya akan lebih tinggi dibandingkan ketika dilakukan pengujian pada sebuah beton. Untuk alasan ini pengukuran pada kecepatan pulse yang dilakukan pada sekitaran baja tulangan mungkin akan tinggi. Secara umum, kecepatan pada pulse akan meningkat jika meningkatnya kadar air, pengaruhnya akan lebih terasa jika pengujian dilakukan pada sebuah beton dengan kualitas rendah.

alat ukur ketebalan

Pengujian pada kecepatan pulse yang diuji pada titik titik tertentu dengan menggunakan beberapa grid pada permukaan sebuah beton, mungkin dapat memberikan beberapa metode dalam melakukan penilaian pada homogenitas sebuah beton. Ukuran grid yang dipilih tentu juga harus sesuai dengan ukuran pada struktur serta jumlah pada variabilitas yang ditemukan.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual ultrasonic pulse velocity test dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat silahkan KLIK DISINI atau untuk penawaran dan pembelian pada alat anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

ultrasonic pulse velocity test

 

Sumber : The Constructor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *