Testingindonesia.co.id – Kelebihan pada tekanan adalah masalah utama yang sering terjadi pada barang dan juga paket selama berlangsungnya siklus distribusi. Sebelum dilakukan pengiriman, kardus kardus yang akan dikirimkan tersebut harus melalui beberapa proses pengujian, salah satunya adalah dengan menggunakan mesin Box Compression Tester.

Apa itu Box Compression Tester?

Box Compression Tester adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menguji resistance atau ketahanan pada bahan uji. Mesin Box Compression Tester ini bisa digunakan untuk memverifikasi ketahanan pada sebuah paket pengiriman kontainer, palet dan unit beban untuk dilakukan pengujian pada kekuatan kompresi, atau dengan kata lain, kekuatan yang mendorong dari sisi berlawanan dari sebuah paket. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pengujian box compression tester pada kardus yang digunakan untuk mengirim paket tersebut. Agar kardus dapat dengan optimal menahan benturan dan hal lain yang bisa saja merusak paket selama proses pengiriman.

Pentingkah Melakukan Pengujian Menggunakan Box Compression Tester

Selama proses penyimpanan di gudang, kotak kardus biasanya akan ditumpuk hingga beberapa tumpukan kardus, untuk mamastikan tumpukan tersebut tidak runtuh, serta menjamin kekuatan pada kotak kardus. Maka pengujian Box Compression Tester ini sangat dibutuhkan, tidak hanya menguji kekuatan dalam menahan tumpukan pada kardus semata, alat ini juga bisa menguji apakah kardus bisa bertahan ketika kardus tersebut mengalami beberapa beberapa situasi, seperti terhempas ketika dalam pengiriman dll.

Box Compression tester ini terdiri dari beberapa penerapan gaya tekanan, mulai dari tekanan yang kecil hingga tekanan yang besar, tentu kedua gaya tersebut sama sama memiliki tahap hingga kotak kardus yang diuji mengalami kerusakan. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh beberapa informasi terkait dengan kualitas pada kardus yang akan digunakan.

Alat uji tekanan pada kardus ini sangat penting, ketika anda ingin memastikan kekuatan pada kardus. Ini juga sangat berguna untuk memastikan bahwa kardus yang akan digunakan dapat mempertahankan integritasnya selama penyimpanan dan penanganan.

Cara menggunakan Box Compression Tester

mesin box compression tester

Untuk melakukan uji tekan pada kotak kardus atau pada bahan yang lain, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan alat uji kompresi atau uji tekan yang tepat dan juga sesuai dengan beban yang akan diuji.

Berikut cara menggunakan Box Compression Tester:

  • Mempersiapkan unit pengujian . Ini harus mencakup sampel yang representatif dari produk, apakah itu kotak, palet, atau wadah.
  • Kemudian, beban ditempatkan di Box Compression Tester antara pelat kompresi dan alas.
  • Saat melakukan pengujian , mesin akan menggerakkan pelat kompresi sehingga memberikan tekanan pada unit yang diuji dan menerapkan gaya tekanan yang ditentukan oleh teknisi.

Box Compression Tester ini digerakkan oleh motor listrik yang akan menggerakkan pelat kompresi ke atas dan ke bawah dengan memutar sekrup pada alat. Lalu mesin akan mengukur perpindahan pelat pada tekanan melalui encoder linier dengan presisi mikrometri dan gaya melalui sel beban. Kedua teknologi ini dapat memenuhi persyaratan presisi sesuai dengan standar internasional.

Beberapa jenis mesin Box Compression Tester biasanya juga dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sakelar batas (yang menghentikan bagian mesin yang bergerak di ujung lintasannya) dan sakelar penghenti darurat (yang akan menghentikan mesin jika terjadi bahaya). Tergantung pada mesin yang dipilih, pengujian bisa saja menerapkan gaya yang berbeda dan bisa digunakan untuk pengujian yang berbeda-beda.

Testing Indonesia – kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system. Kami Jual Box Compression Tester dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian Anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

 

Sumber: safe load

One Thought on “Yuk Mengenal Lebih Mesin Box Compression Tester”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *