Memilih vibration analyzer yang cocok untuk penggunaan Anda bisa sangat rumit. Apalagi, jika Anda tidak tahu bagaimana mengidentifikasi fungsionalitas yang Anda butuhkan.

Jadi, apa itu vibration analyzer? Dan yang lebih penting, apa yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memilihnya. Luangkan waktu untuk membaca artikel ini dan temukan vibration analyzer terbaik Anda. Berikut tips memilih vibration analyzer:

Vibration Analyzer adalah alat yang digunakan untuk mengukur, menyimpan, dan mendiagnosis getaran yang dihasilkan oleh mesin. Alat ini menggunakan alat berbasis FFT untuk menampilkan besarnya getaran karena bervariasi berdasarkan frekuensinya. Kegunaan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan memprediksi kesalahan pada mesin pabrik serta penyebabnya.

vibration analyzer, jual vibration analyzer, tips memilih vibration analyzer

Vibration analyzer mampu menyimpan pengukuran dan mengaturnya untuk analisis di masa mendatang, sehingga menghasilkan tren untuk setiap mesin. Instrumen ini juga dikenal sebagai pengumpul data.

Bagaimana cara kerja Vibration Analyzer?

Vibration analyzer pada dasarnya adalah komputer yang merekam getaran melalui satu atau lebih akselerometer. Gerakan getaran di dalam akselerometer diubah menjadi arus listrik yang sebanding dengan percepatan. Sinyal ini disimpan dan diproses di komputer untuk ditampilkan besaran dan frekuensinya dengan algoritma yang disebut FFT (Fast Fourier Transform).

Fitur Vibration Analyzer

Sebelum memilih vibration analyzer, berikut ini adalah yang menjadi fokus utama dalam pemilihannya:

  1. Jumlah channel input
  2. Garis resolusi
  3. Resolusi
  4. Rentang frekuensi
  5. Fungsi tambahan seperti Balancing, ODS (simulasi 3D)
  6. Jenis sensor yang dapat ditangani
  7. Portabilitas
  8. Dukungan teknis dan suku cadang
  9. Harga service tahunan (jika ada)

Verifikasi jumlah channel input

Tips memilih vibration analyzer yang pertama adalah cari jumlah channel yang pas untuk penggunaan Anda. Anda bisa menemukan vibration analyzer di pasaran dengan jumlah saluran input yang berbeda, yang biasanya adalah 2 hingga 4 channel.

Merekam 2 saluran secara bersamaan biasanya cukup untuk fungsi seperti balancing, analisis fase, grafik Bode dan ODS . Sebaliknya, penggunaan akselerometer triaksial serta o 2 keseimbangan bidang simultan membutuhkan 4 channel.

Vibration analyzer tunggal tidak umum lagi karena mereka tidak dapat melakukan teknik yang diperlukan untuk beberapa kesalahan yang paling penting, seperti misalignment, Bode dan balancing.

Memahami Garis Resolusi dan Resolusi

Jumlah garis resolusi menentukan berapa banyak titik yang akan mengintegrasikan spektrum. Meskipun istilah yang benar seharusnya “Poin”, kata “Garis” masih digunakan mungkin karena dibuat untuk FFT audio yang diplot dengan batang (atau garis).

Garis resolusi terkadang salah dikaitkan dengan resolusi spektrum namun ini tidak sepenuhnya benar. LR tidak membedakan antara rentang frekuensi yang besar atau pendek, sehingga memiliki rentang frekuensi yang lebih rendah akan menunjukkan resolusi yang lebih baik untuk rentang yang lebih tinggi dengan jumlah garis yang sama.

Rentang Frekuensi di Vibration Analyzer

Rentang frekuensi alat vibration analyzer ditentukan oleh dua faktor: tingkat sampel tertinggi vibration analyzer dan frekuensi maksimum yang dapat diukur oleh akselerometer. Sample Rate adalah jumlah pengukuran yang dapat dilakukan sistem dalam 1 detik. Dengan demikian, frekuensi maksimum yang dapat dilihat perangkat ini adalah setengah dari laju pengambilan sampelnya.

Sebagai contoh, sistem yang mengambil sampel pada 20 kHz akan memiliki frekuensi maksimum 10 kHz. Anggap saja seperti ini, jika kita memiliki sinyal 1 Hz (1 siklus per detik), untuk dapat melihat bentuk gelombangnya, yaitu di bagian negatifnya dan di bagian positifnya kita harus melakukan pengukuran minimal 2 kali per siklus.

Akselerometer, di sisi lain memiliki frekuensi maksimum dan minimum (biasanya 1 Hz hingga 10 kHz) yang dapat diukur secara akurat. Di luar batas ini, sensitivitasnya bisa semakin berbeda, jadi tidak disarankan untuk melakukan pengukuran di luar jangkauannya.

Secara umum, rentang frekuensi penganalisis biasanya lebih tinggi daripada rentang frekuensi akselerometer konvensional, tetapi memiliki rentang yang luas akan memberi kita kebebasan untuk menghubungkan sensor dengan rentang yang lebih tinggi.

Periksa fungsi tambahan

Fungsi tambahan pada vibration analyzer bisa menjadi bagian yang paling berpengaruh antara satu dan lainnya.

Konektivitas cloud storage saat memilih vibration analyzer

Beberapa vibration analyzer baru sudah menawarkan database berbasis cloud untuk dibagikan dengan customer Anda. Berbagi database hasil getaran dengan pelanggan Anda, tidak hanya akan membuat Anda lebih mudah mengurangi jumlah laporan, tetapi juga akan memberikan kepuasan pelanggan Anda karena memiliki teknologi terbaik yang tersedia.

Verifikasi jenis Sensor mana yang dapat dimasukkan ke Vibration Analyzer Anda

Akselerometer

Tegangan keluaran sebanding dengan percepatan getaran. Sebagian besar sensor ini membutuhkan catu daya karena mengandung amplifier dan filter kecil untuk menghilangkan kebisingan.

Vibration analyzer paling sering menggunakan Akselerometer karena rentang frekuensi dan amplitudonya yang sangat baik serta kebisingan yang dihasilkannya rendah. Sebagai imbalannya, mereka mengubah percepatan menjadi parameter lain seperti kecepatan dan perpindahan yang lebih sering digunakan dalam analisis getaran.

Velocimeter

Sinyalnya sebanding dengan kecepatan getaran. Mereka adalah sensor elektromagnetik, sehingga tidak memerlukan daya.

Probe

Sinyal keluaran sebanding dengan perpindahan getaran. Mereka biasanya adalah sensor non-kontak, sehingga ideal untuk mengukur getaran dan eksentrisitas poros.

Akan lebih mudah jika vibration analyzer yang Anda pilih memiliki kemungkinan untuk menghubungkan jenis sensor lainnya. Ada mesin yang akselerometernya bukan alat yang tepat. Bantalan oli adalah contoh di atas karena oli meredam getaran sehingga membuat pengukurannya dengan akselerometer kurang dapat diandalkan.

 

>>>>>>>>>> Lihat Vibration Analyzer Kami Di Sini <<<<<<<<<<

 

Pertimbangkan Portabilitas Alat

Pertimbangkan portabilitas alat vibration analyzer karena Anda akan menggunakan alat ini setiap hari di mana portabilitas alat pasti dibutuhkan. Di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan bahwa perangkat kecil dengan fungsionalitas kecil akan menjadi batasan besar.

Dalam hal portabilitas, jenis vibration analyzer biasanya adalah sebagai berikut:

Pen type

Orang-orang menggunakan ini biasanya hanya untuk mengukur getaran RMS, fungsionalitasnya biasanya sangat tinggi, meskipun mereka memiliki keuntungan besar yang dapat ditempatkan di mana-mana.

Handheld

Mereka adalah perangkat seukuran ponsel, memiliki layar yang lebih besar, menunjukkan spektrum dan dipersiapkan dengan baik untuk mengambil rute. Mereka sangat portabel dan nyaman untuk digunakan. Vibration analyzer ini biasanya memiliki prosesor yang lambat, sehingga jumlah baris resolusi, memori, dan fungsi berkurang, sehingga memerlukan software berbasis PC untuk melengkapi fungsionalitas.

Tough Devices

Mulai dari ukuran ponsel hingga melebihi ukuran tablet tetapi dengan ketebalan yang lebih besar. Mereka adalah yang paling umum dan merupakan pilihan yang tepat untuk keperluan industri. Ada banyak merek dan dengan fungsionalitas yang sangat bervariasi.

Kerugiannya adalah mereka bukan perangkat yang digunakan secara universal dan, dengan demikian, biaya pembuatannya tinggi. Hal ini membuat mereka memiliki prosesor yang lambat dan memori yang rendah. Kondisi ini dapat membuat sistem tersebut kurang berfungsi.

Sulit untuk mengetahui jenis prosesor apa yang dimiliki perangkat ini karena jarang muncul di file teknis. Saran terbaik adalah mengevaluasi melalui jumlah memori dan fungsi yang diberikan. Kabar baiknya adalah sebagian besar komputer ini memiliki software PC untuk mempermudah analisis data yang dikumpulkan. Anda hanya perlu mencari tau biaya software ini.

Tablet dan PC

Mereka menjadi lebih populer karena kekuatan besar dan memori komputer baru. Memperbarui komputer tidak memerlukan biaya saat menginstal software dan juga portabilitas di tablet meningkat pada setiap model baru.

Kekurangannya adalah kebanyakan dari mereka tidak cocok untuk lingkungan industri, namun tablet rugged Windows dan Android tersedia saat ini dengan harga yang sangat terjangkau tanpa perlu terikat pada merek.

Selalu Gunakan Bantuan Teknis

Dalam vibration analyzer, dukungan adalah aspek yang sangat penting karena tidak ada yang sempurna dan Anda selalu membutuhkan bantuan untuk perangkat yang kompleks. Dengan demikian, Anda perlu berhubungan dengan distributor atau produsen produk dengan frekuensi tertentu. Poin terpenting yang harus diperhatikan untuk dukungan teknis adalah:

  • Biaya: Apakah ada biaya tambahan untuk dukungan?
  • Kecepatan: dalam menjawab pertanyaan.
  • Waktu pengiriman untuk suku cadang: Jika Anda tidak memiliki sistem cadangan, Anda akan memiliki peralatan yang rusak selama lebih dari sebulan yang pasti akan menyebabkan keterlambatan dalam produksi atau layanan Anda.
  • Kemungkinan berbicara melalui telepon dengan tim teknis.

Verifikasi Harga vibration analyzer Anda

Last but not least, Tips memilih vibration analyzer yang terakhir adalah harga. Harga adalah salah satu faktor utama yang harus diperhitungkan. Memahami bagaimana Anda akan mengeluarkan biaya, ini penting untuk menghitung kapasitas keuangan untuk akuisisi. Poin yang perlu diperhatikan:

  • Harga: Identifikasi harga sistem serta aksesori, software, dan fitur lain yang mungkin diperlukan.
  • Anuitas: Dalam beberapa kasus, Anda perlu mempertimbangkan biaya lisensi tahunan untuk dukungan. Periksa sebelum Anda membeli.
  • Biaya spare part: Jangan lupa bahwa pada titik tertentu Anda harus mengganti kabel, sensor, atau modul lengkap, jadi disarankan Anda untuk memastikannya sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Update biaya: Sebagian besar merek memperbarui peralatan mereka secara teratur, periksa biaya untuk alat terbaru ini.

Itulah tips memilih vibration analyzer yang cocok untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika tertarik dengan alat ini, Anda bisa menghubungi kami di email: sales@testingindonesia.com telp: 0813-9929-1909 (Zulfikri) atau chat online di website ini.

 

Sumber: erbessd-instruments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *