Pengukuran ketebalan menggunakan sensor adalah aplikasi dengan skala yang luas. Pada dasarnya ada perbedaan antara pengukuran ketebalan non-destruktif/destruktif, non-kontak/dengan kontak dan satu sisi/dua sisi. Teknik pengukuran Micro-Epsilon untuk pengukuran ketebalan semuanya bebas emisi di mana tidak ada peraturan emisi apa pun yang harus dipatuhi.

Pengukuran ketebalan harus dilakukan baik dengan kontak maupun dengan sensor non-kontak dimana teknik pengukuran non-kontak memberikan keuntungan yang berkaitan dengan akurasi dan kecepatan pengukuran.

Ada juga perbedaan antara pengukuran ketebalan satu sisi dan dua sisi. Pengukuran ketebalan dua sisi dilakukan dengan setidaknya satu pasang sensor yang dipasang bersama pada satu sumbu. Sepasang sensor ini mengukur target secara serempak. Selisih hasil pengukuran (C-A-B) menghasilkan ketebalan benda ukur.

Pengukuran ketebalan satu sisi hanya boleh dilakukan dengan sensor non-kontak. Dengan demikian, target hanya diukur dengan satu sensor dan hanya sebagian dari ketebalan target (misalnya ketebalan lapisan) atau ketebalan objek pengukuran lengkap diukur. Pengukuran ketebalan terutama digunakan dalam kontrol proses dan jaminan kualitas, misalnya. untuk kontrol sistem ekstrusi atau pemeriksaan 100% diameter tabung.

Coating Thickness gauge adalah alat ukur ketebalan yang digunakan untuk mengukur ketebalan permukaan pada logam, besi, kaca, alumunium, plastik, plat, dan pipa. Dalam dunia industri alat ukur ketebalan digunakan untuk melakukan pengujian ketebalan suatu benda, hal ini terkait juga dengan proses quality control.

Alat ukur ketebalan memiliki metode dan prinsip masing-masing, ada yang menggunakan prinsip kerja magnetik yaitu dengan cara menempelkan probe atau sensor pada objek, atau ada juga yang menggunakan metode ultrasonik yang mendeteksi ketebalan menggunakan rambatan gelombang suara. Saat ini alat ukur ketebalan sudah memiliki teknologi yang modern, sistem pembacaan tidak perlu melihat dengan manual, saat ini bisa digunakan dengan cara pembacaan digital.

Coating thickness gauge ISC1000 adalah alat yang dapat mengukur ketebalan lapisan cat atau plastik pada logam. Di dalam alat ini terdapat sensor berkinerja tinggi yang dapat melakukan kontrol proses hingga pemeriksaan kualitas akhir. Teknologi inovatifnya didasarkan gelombang mikro yang memungkinkan ISC1000 untuk mengukur ketebalan lapisan total bahan isolasi pada substrat logam dengan cara yang tidak merusak tanpa media penghubung. Pengukuran dapat dilakukan pada substrat logam apa pun dengan kualitas sinyal yang sama terlepas dari sifat listrik dan magnetnya.

coating testing, coating thickness gauge, jual coating thickness gauge

Coating thickness gauge ISC1000 mengukur substrat dan logam CFRP dengan resolusi 1 m. Selain tampilan nilai pengukuran, ISC1000 menawarkan beragam fitur seperti fungsi statistik, opsi penyimpanan dengan ekspor data USB, kemungkinan kalibrasi individual, dan pencegahan kemiringan dinamis yang dapat dikonfigurasi.

 

Sumber: micro-epsilon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *