Testing Indonesia Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai proses monitoring pada bendungan dengan menggunakan alat inclinometer.

Bendungan merupakan sebuah bangunan atau konstruksi yang dibuat dengan tujuan agar dapat menahan laju dari air, dari situ lah kita mendapati adanya waduk, danau hingga tempat berekreasi pada konstruksi bendungan ini.

Selain itu bendungan juga kerap digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ). Terdapat sebuah bagian pada bendungan yang disebut dengan pintu air, pintu air ini memiliki fungsi sebagai saluran tempat pembuangan air yang sudah tidak terpakai.

Bendungan yang mengalami keretakan pada struktur atau bahkan yang runtuh dikarenakan tidak diketahuinya struktur pada tanah disekitar bendungan. Tentu hal ini sangat berdampak besar bagi semua orang yang terlibat dengan bendungan tersebut, dan juga akan mengalami kerugian yang sangat besar, mulai dari materi hingga kerugian yang berdampak pada melayang nya nyawa secara sia sia.

seperti yang terjadi di daerah inggris ini, para warga yang berada di kota tersebut harus terpaksa diungsikan karena takut akan terendam air yang mungkin akan merendam mereka.

sumber gambar : www.gazetaexpress.com

Setelah proses pembangunan pada bendungan selesai dilakukan, lakukanlah pemantauan pada tanah disekitar bendungan secara teratur. Hal ini dapat meningkatkan keamanan dan keawetan dari bendungan.

>>>>>BACA JUGA INCLINOMETER SOLUSI PEMBANGUNAN PADA BASEMENT<<<<<

Terdapat beberapa instrumen geoteknik yang  juga sudah digunakan pada beberapa negara di dunia, guna untuk melakukan pemantuan atau monitoring pada konstruksi bendungan. Diantaranya negara seperti AS, Spanyol, Brazil, Ceko, Swiss, Kolombia, Kenya, Indonesia, Aljazair, Thailand dan juga Australia.

Inclinometer merupakan sebuah alat yang memiliki sensor dengan akurasi yang tinggi, di dalam penggunaan nya inclinometer ini dapat diaplikasikan pada tanah yang memiliki pergerakan yang tidak normal atau pada daerah yang terkena dampak dari pergerakan tanah.

Di dalam proses pemantauan pada bendungan, inclinometer akan mengukur pergerakan horizontal yang terjadi di dalam tubuh bendungan, atau gerakan internal yang terjadi pada tubuh bendungan. Serta alat ini juga akan mengukur gerak gerik pada lateral tubuh bendungan.

Setelah hasil dari pengukuran tersebut didapat, maka hasil dari pengukuran tersebut dapat menjadi sumber informasi dari lokasi yang mengalami kritis yang diakibatkan oleh pergerakan tanah. Hasil tersebut akan ditampilkan pada monitor yang sebelumnya sudah disiapkan.

Apabila hasil dari pemantauan tersebut muncul pada layar monitor, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan data yang sudah terbaca tadi dengan cara mengetuk icon “REKAM” atau dengan menekan tombol “ENTER” pada tampilan layar PC. Lalu setelah semua langkah selesai dilakukan kita hanya akan perlu menunggu hasil dari penyelesaian pada PC hingga menghasilkan suara “BIP”.

PC lapangan ini digunakan dengan tampilan layar LCD, hal ini berguna untuk meminimalisir adanya kesalahan yang dihasilkan pada saat dilakukannya pengujian. PC ini juga akan melakukan survei inclinometer normal dan kemudian hasil dari survei tersebut akan disimpan di dalam data file yang terpisah.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring system kami Jual Inclinometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Ayo tunggu apalagi pesan sekarang dengan melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di : sales@testingindonesia.com

Sumber : Alat Uji Geoteknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *