Testing Indonesia – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai ultrasonic flaw detector secara teori, praktek pada alat, serta bagaimana pengaplikasian pada alat.

Teori Dasar

Gelombang suara merupakan getaran mekanis yang dapat melewati sebuah media seperti benda cair, benda padat ataupun benda gas. Gelombang gelombang tersebut akan melewati suatu media dengan kecepatan tertentu menuju arah yang diharapkan. Ketika gelombang ini telah sampai pada suatu media yang berbeda, maka gelombang tersebut akan ditransmisikan kembali.

Frequency, Velocity and Wavelength

Sebagian besar dari pengujian pada ultrasonic flaw detector akan menggunakan frekuensi antara 500 KHz dan 10 KHz di setiap detik nya. Pada frekuensi kisaran megahertz, energi suara akan sangat mudah untuk bergerak melalui sebagian benda yang berbahan cair, tapi tidak efisien apabila digunakan melalui udara ataupun gas. Dan juga, gelombang suara dari berbagai tipe akan bergerak dengan laju dan kecepatan yang berbeda beda.

Selain itu, panjang dari gelombang akan mengacu pada jarak diantara dua titik berikutnya yang berada di dalam siklus gelombang, pada saat melewati suatu media. Hal tersebut ada kaitannya dengan velocity dan juga frequency.

Di dalam ultrasonic flaw detector batas minimum pada pendeteksian  adalah pada satu setengah panjang dari gelombang, dan ketebalan minimum yang dapat diukur adalah panjang satu gelombang.

Mode Of Propagation

Pada benda padat, suara dapat dihadirkan dalam berbagai macam jenis mode propagasi yang mana akan ditandai dengan jenis pada gerakan. Metode yang paling umum digunakan di dalam ultrasonic flaw detector adalah gelombang geser dan gelombang longintudinal.

Faktor Yang Tidak Tetap, Membatasi Transmisi Pada Suara

Bila dibandingkan dengan bahan yang lunak, heterogen atau granular. Benda keras dan juga homogen lebih mampu untuk memantulkan gelombang suara secara efisien. Diantaranya ada 3 faktor seperti penyebaran pada balok, pelemahan dan hamburan dan pengontrolan jarak pada gelombang suara yang akan melewati media tertentu.

>>>>>BACA JUGA MENGENAL ULTRASONIC FLAW DETECTOR<<<<<

Refleksi Pada Batas

Jumlah koefisien pada pantulan dan juga ebergi yang dipantulkan akan terkait dengan penghalang akustik yang relatif terbuat dari kedua bahan tersebut. dan juga pada pengaplikasian nya ultrasonic flaw detector memiliki batas logam dan juga udara, yang mana koefisien refleksi yang mencapai hingga 100%. Hal ini adalah prinsip dasar yang terlibat dalam ultrasonic flaw detector.

Sudut Refleksi Dan Refraksi

Pada frekuensi ultrasonik, energi suara tersebut sangat terarah dan juga balok yang digunakan untuk dilakukan pengujian juga didefinisikan secara jelas. Sesuai dengan Snell’s Law of refraction, energi suara yang ditransmisikan dari suatu material menuju ke material yang lain akan mengalami perubahan.

Transduser Ultrasonik

Transduser  merupakan sebuah unstrumen yang mampu mengubah suatu energi dari suatu suatu kondisi ke kondisi setelahnya. Transduser ultrasonik ini dapat mengubah energi listrik menjadi suara dan begitu juga dengan sebaliknya.

ultrasonic flaw detector

Di dalam ultrasonic flaw detector, transduser standar akan menggunakan elemen aktif yang terbuat dari polimer, komposit ataupun keramik piezoelektrik. Ketika pulse listrik yang bertegangan tinggi diterapkan ke elemen ini, maka ia akan bergetar melalui frekuensi tertentu dan akan menghasilkan suatu gelombang suara. Ketika gelombang suara yang bergetar masuk ke dalam elemen ini, maka akan menghasilkan listrik.

Di dalam pengaplikasin ultrasonic flaw detector, pada umumnya akan menggunakan 5 jenis transduser elektronik. Termasuk juga transduser kontak, transduser imersi, transduser garis delay, transduser balok sudut dan juga transduser elemen ganda.

Procedure of Ultrasonic Flaw Detection

Operator yang sudah terlatih akan dapat mengidentifikasi pola dari gema tertentu yang berkaitan dengan respon dari gema yanng representatif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan standar referensi dan mengikuti prosedur dengan baik dan diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang alat dan juga gelombang suara.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring system kami Jual Ultrasonic Flaw Detector dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Tunggu apalagi ayo! Pesan sekarang melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Sumber : azom.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *