Pile Integrity Tester (PIT) merupakan metode pengujian yang penting untuk pondasi bore pile. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pondasi bangunan pada sebuah konstruksi. Pile integrity tester adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengujian ini, berfungsi untuk mengetahui integritas luas dan volume pondasi, dan mendeteksi retakan pada pondasi di dalam tanah.

Pada artikel kali ini kami akan melakukan review alat Pile Integrity Tester. Alat kami sudah mendapatkan standarisasi ASTM D5882-16: Standard Test Method for Low Strain Impact Integrity Testing of Deep Foundations.

PET_with_Android2, review pile integrity tester

Alat ini termasuk ke dalam pengujian non-destructive (tidak merusak material yang diuji). Pada pengujiannya, alat ini menggunakan metode Pulse Echo untuk menguji banyak pondasi pada suatu lokasi konstruksi.

Pile Integrity Tester bisa terkoneksi dengan platform Windows (PC) dan Android menggunakan Bluetooth. Pada pembelian alat ini sudah termasuk software untuk PC dan Android.

Proses Pengujian Pile Integrity Tester

review pile integrity tester

Pengujian dimulai saat bagian atas tiang/pondasi dipukul dengan palu yang ringan. Gelombang yang dipantulkan diambil dan dianalisis oleh akselerometer digital untuk memberikan informasi mengenai panjang dan bentuk pondasi. Berikut proses lengkap dari pengujian pile integrity tester:

  1. Tunggu setidaknya 5 hari setelah pengecoran
  2. Tentukan pondasi yang ingin diuji
  3. Pastikan bagian atas pondasi bebas dari retak
  4. Tempatkan sedikit putty pada akselerometer
  5. Letakkan sensor pada bagian pondasi yang bersih dan tekan ke bawah untuk memastikan sensor menyentuh pondasi dengan pas.
  6. Buka software pile integrity tester
  7. Sesuai dengan instruksi di software, pukul sensor yang menempel di bagian pondasi sensor sebanyak 2 sampai 3 kali.
  8. Kumpulkan sampel pengujian dalam jumlah yang banyak
  9. Jika hasil data kurang jelas, coba pondasi lain
  10. Anda bisa mengambil data dari beberapa lokasi, dan menggunakan software untuk menghitung rata – rata hasil pengujiannya
  11. Sesuaikan parameter presentasi untuk mendapatkan hasil yang optimal
  12. Pastikan Anda telah mengambil data yang berkualitas tinggi sebelum pindah ke pondasi berikutnya
  13. Opsional, foto pondasi untuk ditambahkan ke laporan

Fitur – fitur Pile Integrity Tester

Mudah digunakan

Tidak perlu training untuk menggunakan alat ini, dan alat ini dapat belajar sendiri dalam hitungan jam, dan terdapat Smart Trigger untuk hasil yang bagus dan cepat.

Dapat Terintegrasi Komputer

Alat ini memiliki dua tipe yang dapat dihubungkan dengan komputer atau smartphone dengan mudah. Yang pertama yaitu tipe USB untuk dihubungkan ke komputer atau tablet, tipe kedua adalah Bluetooth yang juga bisa dihubungkan ke komputer atau smartphone.

Lisensi software tidak terbatas

Tidak perlu registrasi atau memasukkan lisensi ke software alat ini, dan bebas menginstall software pada banyak device.

Desain yang kokoh

Alat ini didesain dan diuji khusus untuk lokasi konstruksi, dan memiliki proteksi IP68.

Kualitas sinyal yang bagus

Tingkat kebisingan yang sangat kecil, dan memperluas batas metode uji integritas pondasi, ke pondasi yang lebih Panjang.

Produktifitas tinggi

Dalam kondisi yang tepat, alat ini dapat melakukan pengujian hingga 100 pondasi/jam.

Sekian dari kami mengenai review pile integrity tester. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait alat ini, hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *