coating thickness gauge

Coating Thickness Gauge merupakan alat ukur yang dapat digunakan untuk menentukan ketebalan atau alat ukur suatu material. Sebenarnya ada beberapa jenis pengukur ketebalan , masing-masing berfungsi dengan cara yang sedikit berbeda tergantung pada aplikasi yang dimaksudkan untuk pengukur. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa macam jenis yang terdapat pada alat Coating Thickness Gauge ini.

coating thickness gauge

Jenis Jenis Alat pengukur Ketebalan

  • Alat pengukur ketebalan pada material
  • Alat pengukur ketebalab pada lapisan
  • Alat pengukur ketebalan pada kawat serta lembaran pada logam

Pada alat pengukuran ini mengukur ketebalan material dengan cara mekanis – instrumen yang dikalibrasi dan ditutup di sekitar sampel sampai kontak dilakukan dengan kedua sisi material – proses yang mirip dengan mikrometer. Serta tipe kedua dari alat pengukur ketebalan dirancang untuk melakukan pengukuran ketebalan lapisan yang akan diterapkan di dalam suatu permukaan, ini  juga dikenal dengan coating thickness gauge. Dan tipe yang ketiga dari coating testing adalah perangkat mekanis yang lebih sederhana yang digunakan untuk mengukur ketebalan kawat dan lembaran logam.

BACA JUGA : MENGENAL LEBIH COATING THICKNESS GAUGE

ALAT PENGUKUR KETEBALAN MATERIAL

Untuk alat pengukur ketebalan material, ada beberapa jenis pada alat ukur ini diantaranya :

  • Alat ukur ketebalan analog (mekanis)
  • Alat pengukur ketebalan digital (elektronik)
  • Alat ukur ketebalan seukuran saku

Analog Coating Thickness Gauge ( Mechanical )

Pengukur ketebalan analog memiliki rahang yang menampilkan pin kontak pengukur baja dan pegangan serta tuas. Ketika tuas dilepaskan setelah bahan dimasukkan di antara pin kontak, pin menutup terhadap permukaan material dan nilai ketebalan yang diukur dicatat pada dial analog dengan posisi jarum terhadap skala gradasi pada permukaan dial.

Pendekatan memiliki pin dekat dengan rilis tuas menjamin akurasi dan konsistensi dalam pembacaan karena instrumen menerapkan tekanan pengukuran yang seragam terhadap permukaan material yang akan sama dari pengguna ke pengguna. Kontak mengukur tepi pin sering diradiasikan sehingga kompresi pin terhadap permukaan material tidak akan merusak atau menandai permukaan.

Digital Coating Thickness Gauge ( Electronic )

Untuk alat ukur ketebalan digital ini dioperasikan dengan cara fungsional sama dengan pengukur ketebalan analog, akan tetapi tampilan akan sedikit berubah yang awalnya digital dengan tampilan jarum. Nilai pembacaan ketebalan dapat langsung dilihat pada pembacaan digital tanpa perlu menginterpretasikan pengukuran dari posisi jarum terhadap skala pada permukaan dial.

Pocket-Sized Thickness Gauges

Versi yang lebih kecil dari pengukur ketebalan analog dan digital dikenal sebagai pengukur ketebalan berukuran saku atau pengukur ketebalan dial saku. Alih-alih menggunakan tangan penuh untuk mengoperasikan pengukur, pengguna memegang instrumen di antara ibu jari dan jari telunjuk mereka. Unit-unit ini dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan cepat terhadap ketebalan bahan seperti kertas, film, atau jenis lain dari flat stock. Alat ukur ketebalan seukuran saku tersedia dengan display analog (dial & jarum) atau elektronik (digital).

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang monitoring dan system, kami Jual Coating Thickness Gauge dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat pula. Untuk informasi pada alat serta pembelian anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *